Minggu, 04 April 2010

Sosi Kacang Kedelai


VIVAnews - Jika diet Anda selama ini belum berhasil, mungkin karena pilihan makanan yang tidak tepat. Makanan memang memegang peranan penting dalam menentukan berhasil atau tidaknya diet Anda.

Salah satu alternatif pilihan makanan yang bisa membuat diet Anda efektif adalah sosis yang terbuat dari kacang kedelai. Menurut penelitian yang dilakukan tim peneliti dari Rowett Institute, Aberdeen, Inggris, sosis berbahan kedelai bisa membuat Anda melakukan diet tanpa rasa lapar. Sosis revolusioner ini memang bisa membuat rasa kenyang lebih lama.

Tim peneliti mengungkapkan jika seseorang mengonsumsi makanan berprotein tinggi, maka tidak mudah merasa lapar. Protein akan memicu sinyal "kenyang" dari perut ke otak. Kandungan protein tinggi yang terdapat pada sosis kedelai inilah yang membantu mengirimkan sinyal tersebut.

Dr Alex Johnstone, dari Rowett’s Metabolic Health Group, meneliti keefektifan diet protein nabati yang terdapat pada kedelai dibandingkan dengan daging dan susu. Jika diet tersebut berhasil, maka akan lebih sehat dan ramah lingkungan. Penelitian tersebut berdasarkan 30 persen protein.

Diet tersebut tidak menghilangkan kandungan karbohidrat, tetapi mengonsumsinya dnegan makanan yang lebih sehat. Seperti nasi, roti, atau pasta yang biasanya dipasangkan dengan daging, tetapi kali ini diganti dengan sosis kedelai atau bakso kedelai. Bisa juga mengganti susu sapi dengan susu kedelai.

Selama dua minggu Anda bisa mengonsumi menu tersebut, lalu dua minggu berikutnya Anda baru mengonsumsi daging seperti biasa. Berat badan Anda bisa turun secara pas tanpa rasa lapar. "Salah satu alasan mengapa diet selalu gagal adalah rasa lapar, jadi kita berusaha membuat program diet yang bisa menghindari rasa lapar," kata Johnstone.

“Diet tinggi protein tidak selalu harus disertai dengan mengurangi konsumsi karbohidrat. Tetapi karbohidrat bisa dipasangkan dengan protein yang lebih sehat dan bisa mengontrol nafsu makan yaitu protein nabati," tambah Johnstone.

Diet tersebut diujicobakan pada beberapa responden dan hasilnya cukup memuaskan. Mereka bisa menjalani diet secara konsisten tanpa lapar, dan rasa dari olahan kedelai baik dalam bentuk bakso ataupun sosis cukup lezat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar